Langsung ke konten utama

Menanti Liverpool Tanpa Virgil Van Dijk


 

Virgil van Dijk

Ik hoop dat je snel beter wordt, Virgil! Agaknya hanya itu saat ini yang bisa di dengungkan para pendukung Liverpool. Ucapan dalam bahasa Belanda yang berarti kurang lebih “Saya harap Anda segera sembuh, Virgil”. Ya. Palang pintu andalan Liverpool dan tim nasional Belanda harus menepi 8 bulan karena cedera.

Liverpool menatap musim baru Liga Primer Inggris 2020/2021 dengan penuh percaya diri. Trophy Liga Primer ke-19 yang didapat setelah 30 tahun lamanya menanti menjadi pemicu semangat punggawa arahan Jurgen Klopp. Mengawali kampanye di musim baru, Liverpool berhasil menyapu bersih 3 kemenangan, termasuk mengandaskan dua raksasa London, Chelsea dan Arsenal. Petaka datang pada match ke 4 kontra Aston Villa. Tanpa Mane, Thiago yang positif corona, serta Alisson yang cedera The Reds diluluh lantakkan dengan skor 7–2.

Tak sampai di situ, pertandingan ke-5 kontra Everton dalam Derby Merseyside menjadi bencana teranyar. Tak hanya gol menit akhir yang dianulir yang menyebabkan kehilangan 2 poin, palang pintu andalan Virgil van Dijk harus mengakhiri pertandingan lebih cepat karena mengalami cedera setelah dihantam Jordan Pickford pada awal laga.

Berbagai spekulasi mengenai cedera Van dijk terjawab sudah. Ia di diagnosa menderita cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) pada kaki kanan yang membuat musim 2020/2021 resmi berakhir bagi kapten timnas Belanda. Virgil diperkirakan akan absen selama 8–9 bulan. Artinya, selain akan melewatkan Liga Inggris dan Liga Champions, gelaran Euro 2021 juga bakal dilewatkan Van Dijk.

Kecemasan melanda seluruh fans Liverpool tak terkecuali saya. Perjalanan The Reds masih sangat panjang namun dipaksa kehilangan bek terbaiknya sampai akhir musim. Semua orang mafhum dengan hal ini. Van dijk menjadi pemain kunci Liverpool. Dalam 2 musim terakhir The Reds menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di liga. Bahkan musim lalu di liga, Virgil tak pernah satu kali pun absen dalam mengawal lini belakang. Tak hanya lugas dalam bertahan, dirinya juga merupakan sosok pemimpin. Van Dijk sangat vocal dalam mengatur rekannya di lapangan, ia tak segan berteriak apabila pemain Liverpool lain melakukan kesalahan. Kecemerlangan Van Dijk juga ia buktikan dengan kemampuan mencetak gol dalam situasi bola mati. Total sudah 13 gol ia lesakkan kala berseragam Liverpool.

Lantas siapa pengganti Virgil? Stok bek tengah Liverpool menyisakan dua pemain dengan pengalaman, Matip dan Gomez. Namun saya sendiri masih meragukan konsistensi Matip dan Gomez. Matip baru saja sembuh dari cedera, sedangkan Gomez mengalami penurunan di beberapa laga. Liat saja 2 gol yang dicetak Everton. Keduanya tercipta setelah Van Dijk keluar dan melalui sundulan kepala. Agaknya Klopp kembali akan memainkan Fabinho menjadi bek tengah menemani Matip atau Gomez. Fab memang sudah teruji ketika berhasil membuat Werner tak berkutik di kawalnya kala kontra Chelsea pada pekan ke-2. Nama-nama lain di lini belakang hanya menyisakan pemain muda, Rhys Williams, Nathan Phillips, Billy Koumetio, dan Sepp Van den Berg, yang tentu saja masih minim jam terbang.

Alternatif lain, Liverpool bisa membeli pemain dengan status free agent mengingat bursa transfer musim panas telah ditutup, atau menunggu dibukanya transfer musim dingin.

Laga pertama Liverpool tanpa Van Dijk akan tersaji tengah pekan ini ketika bertandang ke markas Ajax Amsterdam pada fase grup Liga Champions. Berat, namun Liverpool tetaplah Liverpool dengan segudang pemain berpengalaman. Dan tak ada alasan bagi Liverpudlian untuk mengecilkan peran pemain lain di lini belakang. Nama-nama bek tengah yang tersedia mungkin bukan pemain dengan kualitas setara Van Dijk, namun tentu kepercayaan layak diberikan kepada mereka. Motivasi ini tentu akan berdampak kepada percaya diri pemain. Kepercayaan yang diberikan fans tentu tak ingin diabaikan begitu saja oleh para pemain. Penampilan cemerlang tentu adalah harga yang harus dibayarkan kepada semua pendukung Merseyside Merah.

Untuk semua fans Liverpool di seluruh belahan dunia, sudah selayaknya kita berikan semangat, motivasi 100% bahkan 1000% untuk Matip, Gomez, Fabinho, dan para pemain bek muda dalam mengawal tembok pertahanan terakhir The Reds. Kita ambil sisi positifnya saja. Dengan cederanya pemain vital, para pemain tentu akan bermain dengan penuh determinasi, dan yang paling penting dengan kerendahan hati untuk tetap membumi setelah prestasi luar biasa yang mereka dapatkan musim lalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terima Kasih untuk Musim yang Fantastis, PSS Sleman!

Tulisan ini pernah dimuat di Football-tribe.com , 24 Desember 2019 https://football-tribe.com/indonesia/2019/12/24/terima-kasih-pss/ 'Thanks for the great season'. Kalimat yang terpampang pada baner di belakang gawang sisi utara Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu sore. Banner yang di pasang oleh Slemania tepat nya di tribun Utara tersaji pada pertandingan terakhir Liga 1 musim 2019 manakala PSS menjamu Tira Persikabo. Kalimat yang tentu saja memiliki makna mendalam. Sang Super Elang Jawa mengarungi keras nya kasta tertinggi sepakbola Indonesia dengan sangat luar biasa. Berstatus tim promosi bersama Semen Padang dan Kalteng Putra, membuat PSS tidak menjadi unggulan pada gelaran musim 2019. Tapi siapa sangka, PSS mampu menjawab semua keraguan publik sepakbola tanah air khusus nya Sleman Fans sendiri. Skuad asuhan Seto Nurdiyantoro mampu menjadi satu satu nya tim promosi yang bertahan untuk kompetisi musim 2020, setelah Semen Padang dan Kalteng Putra hanya mampu mendudu

Geliat Transfer Raksasa Liga Inggris

Source : twitter @TimoWerner - Muhammad Imaduddin Suria Saputra-   Pada jeda musim seperti saat ini, tim-tim sepakbola Eropa disibukkan dengan kegiatan pramusim dan jual beli pemain. Beberapa tim sudah merampungkan proses transfer pemain idaman, dan beberapa yang lain masih sibuk menjalani proses pendekatan dengan klub pemilik, dan agen sang pemain incaran. Tak terkecuali tim-tim raksasa dari tanah Britania. Ekpektasi dari fans untuk berprestasi di musim depan membuat perburuan pemain menjadi sangat masif. Pada tulisan ini akan sedikit membahas mengenai pergerakan transfer pemain klub raksasa Liga Inggris 1.  Liverpool Dari sang juara liga inggris, pada bursa transfer kali ini Liverpool baru mendatangkan satu pemain, Kostas Tsimikas. Pembelian Kostas memang sesuai kebutuhan tim yang mencari pelapis Robertson di pos fullback kiri. Nama lain yang dikabarkan akan segera mendarat yakni Thiago Alcantara. Nama terakhir menjadi nama paling santer akan segera berseragam merah merseyside.

Ulasan Final Liga Champions 2020

-Muhammad Imaduddin Suria Saputra- Liga Champions 2020 resmi berakhir dengan  Bayern Munchen keluar sebagai juara. Sementara  PSG menjadi debutan lain yang tampil di final yang harus puas dengan medali perak. Gol tunggal Kingsley Coman pada menit 59 menjadi pembeda di laga yang dihelat di Lisbon, Portugal.   Sumber : twitter @ChampionsLeague Permainan berjalan menarik. Kedua tim melakukan high pressing tinggi. Namun pengalaman para pemain Bayern menjadi pembeda. Mereka mampu keluar dari pressing sehingga tetap dapat membuild up serangan dari bawah meski tak mudah. Manuel Neuer kapten sekaligus goalie Bayern tampil gemilang mementahkan 2 peluang emas Neymar dengan kakinya. Lini tengah juga semalam sepenuhnya dikendalikan oleh trio gelandang Bayern. Thiago, Goretzka dan Muller dengan segudang pengalaman mampu mendikte permainan Ander Herrera, Leandro Paredes, dan Marquinhos di kubu PSG. Thiago Alcantara menjadi salah satu sosok krusial pada laga semalam. Ketenangan dan kecerdikanny